Breaking News
Loading...
15 September 2009

Tips mudik menggunakan motor

00.42

Waktunya mudik semakin dekat. beberapa hari lagi hari lebaran tiba. semuanya disibukan dengan pesiapan mudik. Walaupun THR belum kunjung datang (buat yang belum turun THRnya sabar yaaaa…..heheh) tapi rasanya mudik tetap menjadi kewajiban tersendiri.

Buat yang rencana mudik menggunakan motor perlu melakukan persiapan extra yaitu mempersiapkan kendaraan dalam kondisi siap menempuh jarak jauh dan memastikan motornya ga pingsan saat digeber terus seharian (wah..bisa ga nyampe dong mudiknya….kalo motornya pingsan…hehe).

 

Sekedar mengingatkan :

 

di RepublikaOnline ditulisakan : Sekitar 70 persen dari total kecelakaan yang terjadi di jalan raya melibatkan sepeda motor. Pastikan kita tidak terlibat di dalamnya. amiiin

 

  1. 1. Pastikan Motor dalam kondisi Fit ( alias….gagah perkasa)

Ini persiapan wajib sekali kita lakukan, harus kita lakukan pengecekan pada setiap detail kendaraan.

  • Pastikan Lampu (depan, belakang, sein) dalam kondisi nyala dan jangan lupa kalo bisa bawa serep seandainya tiba-tiba putus dijalan yang jauh dari bengkel (bisa berabe kan)
  • Pastikan Busi dalam kondisi baik. Bersihkan dan periksa kondisinya. Kalo ujung busi aus pembakarannya tidak akan sempurna. ujung-ujungnya penggunaan BBM jadi lebih boros (BBM mahal loooh). Mesin sulit hidup, terdengar suara letupan saat mesin dihidupkan, itu tandanya busi sudah waktunya diganti.
  • Sebaiknya untuk jarak tempuh yang jauh gantilah Oli dengan yang baru, biar mesin tetap terjaga dari keausan yang berlebihan. Motor pun akan terasa lebih adem dan nyaman kalo pake oli baru…tul ga?
  • Pastikan Rem masih pakem. Cek minyak rem buat rem cakram, cek kampas rem buat tromol.
  • Rante motor yang kendor harus disetel kembali sesuai standar.
  1. 2. Kondisi Fisik pengendara

Motor bisa aja gagah dan tangguh dan sudah siap tempur dijalanan yang penuh sesak dengan kemacetan, tapi jika kondisi fisik kita lemah percuma saja tuh.

sebaiknya sebelum berkendara kita harus mempersiapkan kodisi fisik benar-benar sehat dan fit. Minum suplemen dan lakukan pemanasan sebelum berkendara. dengan begitu kita akan lebih konsentrasi saat berkendara.

0 comments:

 
Toggle Footer